PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Didalam dunia informasi terdapat berbagai jenis peralatan yang biasa kita gunakan untuk berkomunikasi, di antaranya telepon, Faximili, telegraf, radio, televisi dsb.

1. Telegraf

Peralatan TELEGRAF ditemukan pada tahun 1837 oleh SAMUEL MORSE, telegraf menjadi sistem komunikasi elektris pertama yang membawa pesan rinci dengan jarak jauh. —Telegraf menggunakan sandi dan denyut listrik. —Kode-kode yang dihasilkan telegraf berbentuk garis dan titik (morse), alat yang digunakan berupa transmitter dan receiver, pPesan yang dikirimkan disebut telegram.

Prinsip Kerja Telegraf

  • —Telekomunikasi menggunakan pola(kode-kode) yang dihasilkan oleh gabungan pulsa-pulsa listrik yang bermacam-macam untuk menghasilkan huruf-huruf, simbol-simbol, dan angka-angka.
  • —Telegraf dikerjakan oleh aliran listrik yang terputus-putus. Baterai, kunci dan sounder dihubungkan secara seri. Apabila kunci pengirim ditekan, aliran istrik mengalir ke dalam magnet dari sounder penerima selama kunci tertutup dan sounder megubah kode menjadi bunyi-bunyian.
  • —Sirkuit telegraf yang sebenarnya dihubungkan dengan satu saluran dan tanahnya digunakan sebagai saluran kembali. Ujung terminal penerima dipasang rele poler. Dengan menggunakan rele poler ada kemungkinan untuk memperkecil arus dan juga dapat mengatasi distorsi dari sinyal-sinyal yang diterima. Jika pada ujung terminal penerima digunakan penulis Inker bukan sounder untuk memproduksikan kode Morse, maka titik-titik dan garis-garis dicatat pada pita kertas selama kunci ditekan dan jika kunci terbuka pencatatan blanko dikerjakan. Kondisi yang pertama disebut “Mark” dan kondisi yang kedua disebut “Space”.
2. Handphone
Telepon adalah alat yang dapat mengirim dan menerima pesan suara menggunakan gelombang listrik. Pesawat telepon mempunyai piranti untuk bercakap-cakap, dan pada zaman sekarang dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini telepon dapat dibawa kemana-mana . Telepon lebih canggih dapat mengirimkan dan menerima tulisan, foto, bahkan gambar video.
Kerja telepon tergantung pada ketersediaan jaringan kabel dan kawat untuk mengirim sinyal listrik dari pengirim ke penerima.Jaringan telepon selular (handphone) yang menggunakan antena lokal untuk menerima dan mengirim sinyal dalam wilayah sempit disebut sel.
3. Faximili
—Faximile (faks) adalah cara pengiriman dan duplikasi dokumen dengan cepat melalui jalur telepon atau gelombang radio.
—Faximile mirip dengan fotocopy jarak jauh. —Cara kerja faximile pengirim dan penerima harus memiliki mesin faximile.
—Untuk menandai tulisan atau gambar yang akan dikirim mesin fax menggunakan foto sensor (sensor cahaya).
Prinsip Kerja Faximili
  • Proses kerja mesin faks diawali dengan keharusan bahwa penerima dan pengirim harus memiliki mesin faks. Pengirim akan memasukkan dokumen yang hendak dikirim ke bagian feeder mesin faks dan selanjutnya menekan nomor telepon mesin faks yang dituju.
  • —Ketika koneksi telah terjadi dengan mesin faks tujuan, maka mesin faks akan melakukan scanning dengan membaca area yang sangat kecil pada dokumen tersebut.
  • Mesin faks tersebut akan mengubahnya menjadi suatu sinyal listrik untuk kemudian menerjemahkan daerah yang dibaca sebagai daerah gelap atau terang dengan menandainya “0” untuk gelap dan “1” untuk terang.
  • Sinyal listrik tersebut lalu ditransmisikan melewati saluran telepon dan menuju mesin penerima faks. Mesin penerima tersebut kemudian menangkap dan mengartikan sinyal listrik untuk membuat suatu dokumen yang persis sama dengan aslinya dan kemudian mencetaknya.
4. Televisi / TV
Televisi adalah sistem elektronik yang berfungsi untuk menerima pesan atau sinyal dalam bentuk gambar  dan suara (audio visual), biasanya sinyal tersebut dipancarkan oleh stasiun televisi. Televisi  sebagai salah satu media massa sangat populer dan digemari oleh masyarakat. Dalam perkembangan masa televisi sangat berperan  dalam berbagai bidang. Televisi mampu mengatasi kendala jarak , baik geografis  maupun sosiologis.
Prinsip Kerja Televisi
  • Setiap televisi memiliki satu antena yang berfungsi untuk menerima/menangkap gelombang yang dipancarkan oleh stasiun televisi. Sinyal yang datang dialirkan menuju colokan antena yang ada pada televisi.
  • Sinyal yang datang membawa gelombang suara dan gambar karena gelombang yang diterima antena tv lebih dari satu macam. Sirkuit di dalam televisi memisahkan gelombang ini (berupa suara dan gambar) sesuai dengan saluran tv yang kamu pilih kemudian diproses lebih lanjut. Alat pemisah disebut Tunner.
  • žSirkuit penembak elektron menggunakan sinyal gambar ini untuk diproses ulang dengan bantuan kamera tv. žBagian ini menembakan tiga elektron (merah, hijau dan biru) menuju tabung sinar katoda.
  • žBerkas elektron menerobos suatu cincin elektromagnet. Elektron dapat dikendarai oleh magnit sebab mereka mempunyai elektron negatif. Dan berkas elektron ini akan bergerak bolak-balik di layar televisi.
  • žBerkas cahaya ini akan diarahkan ke layar yang diberi bahan kimia berupa fosfor. Saat berkas elektron ini mengenai fosfor akan menampilkan titik-titik warna merah, hijau dan biru. Yang tidak kena tetap berwarna hitam. Kombinasi-kombinasi warna inilah yang menghasilkan gambar di televisi.
  • žGelombang suara akan diproses pada bagian ini untuk menghilangkan berbagai gangguan. Sinyal suara yang sudah disaring dikeluarkan melalui alat yang disebut speaker.

5. Radio

Radio adalah sistem komunikasi yang menggunakan gelombang elektromagnet sebagai pembawa sinyal berupa pesan, kemudian dipancarkan melalui udara. Dalam proses penyampaian membutuhkan dua sarana yakni alat pemancar dan penerima. Teknik modulasi yang digunakan antara lain : AM, FM dan PM)

Prinsip Kerja Radio
  • Sinyal radio dipancarkan menggunakan gelombang pembawa. Gelombang radio merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik. Gelombang radio dengan panjang gelombang paling panjang dipantulkan oleh lapisan udara yang berada tinggi dalam atmosfer Bumi, disebut ionosfer.Dengan cara ini, pesan lewat radio dapat dipantulkan sehingga mencapai jarak yang amat jauh.
  • Pemancar radio mengubah, atau melakukan modulasi gelombang radio agar dapat menyampaikan informasi. Dalam radio AM, ketinggian dari gelombang pembawa diubah-ubah menurut suara yang ditangkap oleh mikrofon. Dalam radio FM, frekuensi atau jarak antara puncak radio yang diubah. Pesawat penerima radio menangkap sinyal ini, memperkuat dan kemudian mengartikannya. Bila sinyal itu lemah, radio AM dapat mengeluarkan bunyi gemerisik, itulah sebabnya radio ini digantikan oleh radio FM yang penerimaannya jauh lebih jernih.

6. Komputer dan Internet

Komputer merupakan teknologi informasi yang memiliki peran paling besar dalam proses pengolahan, penyimpanan dan penyajian informasi. Internet digunakan sebagai sarana sumber informasi dan menyajikan informasi yang telah diolah. Internet merupakan singkatan dari interconnected network. Internet menjadikan komunikasi berjalan lebih cepat.

About donnyposumah

Am is are
This entry was posted in Informatika and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s